TUGAS TERSTRUKTUR TATAP MUKA KE 6 DAN 7
Ikatan ion mempunyai beberapa pengertian yaitu sebagai berikut:
- Ikatan ion adalah ikatan yang terjadi antara unsur-unsur logam dengan unsur-unsur non logam
- Ikatan ion adalah ikatan yang terjadi antara ion positif/kation dengan ion negative/anion.
- Ikatan ion adalah ikatan yang terjadi akibat dari serah terima electron
Senyawa yang terbentuk dari ikatan ion disebut dengan senyawa ion. Contoh beberapa senyawa ion adalah NaCl, CaF2, MgCl2, berbagai jenis garam termasuk juga ke dalam senyawa ion.
Ikatan ion terjadi pada unsur-unsur yang mudah melepaskan electron pada kulit terluar (energi ionsiasi rendah) sehingga membentuk ion positif dan unsur-unsur yang mudah menerima elektron (afinitas electron tinggi) sehingga mementuk ion negatif.
1. 19K dengan 8O
Konfigurasi:
19K : 2 8 8 1 --> K+ : 2 8 8 + 1e | melepas 1 elektron
8O : 2 6 + 2e --> O2- : 2 8 | menerima 2 elektron
K cenderung melepas 1 elektron membentuk ion K+ sementara O cenderung menerima 2 elektron membentuk O2-. Untuk membentuk senyawa ion yang netral, maka diperlukan 2 ion K+ dan 1 ion O2- (jumlah electron pada kedua ion dibuat sama).
Reaksi:
K --> K+ + 1e | x 2
O + 2e --> O2- | x 1
----------------------- +
2K --> 2K+ + 2e
O + 2e --> O2-
----------------------- +
2K + O --> 2K+ + O2- --> K2O
2. 20Ca dengan 8O
Konfigurasi:
20Ca : 2 8 8 2 --> Ca2+ : 2 8 8 + 2e | melepas 2 elektron
8O : 2 6 + 2e --> O2- : 2 8 | menerima 2 elektron
Reaksi:
Ca --> Ca2+ + 2e
O + 2e --> O2-
----------------------- +
Ca + O --> Ca2+ + O2- --> CaO
3. 13Al dengan 8O
Konfigurasi:
13Al : 2 8 3 --> Al3+ : 2 8 + 3e | melepas 3 elektron
8O : 2 6 + 2e --> O2- : 2 8 | menerima 2 elektron
Reaksi:
Al --> Al3+ + 3e | x 2
O + 2e --> O2- | x 3
----------------------- +
2Al --> 2Al3+ + 6e
3O + 6e --> 3O2-
----------------------- +
2Al + 3O --> 2Al3+ + 3O2- --> Al2O3
4. 11Na dengan 17Cl
Konfigurasi:
11Na : 2 8 1 --> Na+ : 2 8 + 1e | melepas 1 elektron
17Cl : 2 8 7 + 1e --> Cl- : 2 8 8 | menerima 1 elektron
Reaksi:
Na --> Na+ + 1e
Cl + 1e --> Cl-
----------------------- +
Na + Cl --> Na+ + Cl- --> NaCl
5. 12Mg dengan 17Cl
Konfigurasi:
12Mg : 2 8 2 --> Mg2+ : 2 8 + 2e | melepas 2 elektron
17Cl : 2 8 7 + 1e --> Cl- : 2 8 8 | menerima 1 elektron
Reaksi:
Mg --> Mg2+ + 2e | x 1
Cl + 1e --> Cl- | x 2
----------------------- +
Mg --> Mg2+ + 2e
2Cl + 2e --> 2Cl-
----------------------- +
Mg + 2Cl --> Mg2+ + 2Cl- --> MgCl2
6. 13Al dengan 17Cl
13Al : 2 8 3 --> Al3+ : 2 8 + 3e | melepas 3 elektron
17Cl : 2 8 7 + 1e --> Cl- : 2 8 8 | menerima 1 elektron
Reaksi:
Al --> Al3+ + 3e | x 1
Cl + 1e --> Cl- | x 3
----------------------- +
Al --> Al3+ + 3e
3Cl + 3e --> 3Cl-
----------------------- +
Al + 3Cl --> Al3+ + 3Cl- --> AlCl3
untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada link berikut :
https://youtu.be/EDA1LI-ko1E
Saya hanya ingin bertanya menurut anda apakah penggunaan alat peraga ini sangat efektif untuk proses pembelajaran kimia disekolah?
BalasHapusmenurut saya alat peraga ini bisa membantu dalam proses pembelajaran karena menjelaskan yang abstrak menjadi konkrit
Hapusterima kasih lutfi telah membantu menjawab , saya setuju dengan jawaban anda , selain itu penggunaan alat perga ini klau menurut saya sangat efektif untuk pembelajran disekolah.
Hapusbaiklah saya mencoba menjawab dari pertanyaan ester menurut saya efektif yaa karna alat dan bahan yang digunakan mudah didapat tidak terlalu susah buat dicari sehingga siswa mangetahui apa saja yang akan dipraktekkan terimakasih
HapusSedikit menambahkan, iya media ini cukuo efektif dalam pembelajaran selain mudah dapllam penyampaiannya juga mudah dipahami oleh siswa
Hapusada yang ingin saya tanyakan, apakah media yang anda buat ada kelemahan sehingga dapat menghambat pemahaman siswa ?
BalasHapustentu saja ada kelemahan salah satunya yaitu mungkin kurangnya instruksi dari pemateri
Hapussaya ingin memberi saran. akan lebih baik materi di upload agak lebih jelas . Terimakasih
BalasHapusterima kasih saran yang diberikan sehingga nantinya membuat blog saya kaya akan materi yang dapat membantu orang lain.
HapusSaya ingin bertanya apakah media yg anda gunakan ini dapat digunakan untuk menjelaskan materi kimia lain selain ikatan kimia?
BalasHapusmedia yang saya gunakan adalah alat peraga , tentunya bisa digunakan selain materi ikatan kimia , salah satu ny yang bisa materi koloid , materi konfigurasi elektron dan masih banyak yang lainnya.
Hapusassalamualaikum wr wb,saya ingin bertanya apakah ada kendala yang anda alami dalam proses pembuatan vidio yang anda postkan itu?
BalasHapuskendala yang dialami adalah mungkin dalam proses pembuatannya yang sedikit rumit dan memerlukan keterampilan yang khusus namun untuk bahan yang digunakan sangat mudah didapat.
Hapusbaiklah saya disini mencoba menjawab kendalanya mungkin pada saat melakukan vidio ada kesalahan karena faktor lingkungan pada saat kita praktek dan kurangnya pemahaman materi, terimkasih
Hapuspenggunaan alat peraga dipilih karena pada dasarnya siswa mengalami kesulitan membayangkan dan mengapresiasi suatu bentuk molekul yang bersifat abstrak menjadi lebih nyata. Kesulitan siswa semakin tinggi, ketika mereka harus menghubungkan rumus-rumus penentuan bentuk suatu molekul kemudian menggambarkannya. Pada dasarnya anak belajar melalui benda/objek konkret. Untuk memahami konsep abstrak, anak-anak memerlukan benda-benda konkret(riil) sebagai perantara atau visualisasinya. Konsep abstrak itu dicapai melalui tingkat-tingkat belajar yang berbeda-beda. Bahkan orang dewasa pun yang pada umumnya sudah dapat memahami konsep abstrak, pada keadaan tertentu sering memerlukan visualisasi. Belajar anak akan dapat meningkat bila ada motivasi. Karena itu dalam pengajaran diperlukan faktor-faktor yang dapat memotivasi anak belajar, bahkan untuk pengajar. Misalnya : pengajaran supaya menarik, dapat menimbulkan minat, sikap guru dan penilaian baik, suasana sekolah menyenangkan, ada imbalan bagi guru yang baik, dan lain-lain. Selanjutnya konsep abstrak yang baru dipahami siswa itu akan melekat dan tahan lama bila siswa belajar melalui perbuatan dan dapat dimengerti, bukan hanya mengingat fakta.
BalasHapus