TUGAS
PETA KONSEP MENGENAI
STOIKIOMETRI
STOIKIOMETRI
Stoikiometri berasal dari dua suku kata bahasa
Yunani yaitu Stoicheion yang
berarti "unsur" dan Metron yang
berarti "pengukuran". Stoikiometri
adalah suatu pokok bahasan dalam kimia yang melibatkan keterkaitan reaktan dan
produk dalam sebuah reaksi kimia untuk menentukan kuantitas dari setiap zat
yang bereaksi
STOIKIMETRI HUKUM-HUKUM DASAR
Hukum Kekekalan Massa (Hukum Lavoisier)
“Massa zat sebelum dan sesudah reaksi adalah sama”.
Contoh:
S + O 2 → SO 2
2 gr 32 gr 64 gr
“Massa zat sebelum dan sesudah reaksi adalah sama”.
Contoh:
S + O 2 → SO 2
2 gr 32 gr 64 gr
b.
Hukum Perbandingan Tetap (Hukum Proust)
“Perbandingan massa unsur dalam tiap senyawa adalah tetap”
Contoh:
H 2 O → massa H : massa O = 2 : 16 = 1 : 8
“Perbandingan massa unsur dalam tiap senyawa adalah tetap”
Contoh:
H 2 O → massa H : massa O = 2 : 16 = 1 : 8
c. Hukum Perbandingan Berganda (Hukum Dalton)
“Jika dua unsur dapat membentuk dua senyawa atau lebih, dan massa salah satu unsur sama, perbandingan massa unsur kedua berbanding sebagai bilangan bulat dan sederhana”.
Contoh:
– Unsur N dan O dapat membentuk senyawa NO dan NO 2
– Dalam senyawa NO, massa N = massa O = 14 : 16
– Dalam senyawa NO 2 , massa N = massa O = 14 : 32
– Perbandingan massa N pada NO dan NO 2 sama maka
perbandingan massa O = 16 : 32 = 1 : 2
“Jika dua unsur dapat membentuk dua senyawa atau lebih, dan massa salah satu unsur sama, perbandingan massa unsur kedua berbanding sebagai bilangan bulat dan sederhana”.
Contoh:
– Unsur N dan O dapat membentuk senyawa NO dan NO 2
– Dalam senyawa NO, massa N = massa O = 14 : 16
– Dalam senyawa NO 2 , massa N = massa O = 14 : 32
– Perbandingan massa N pada NO dan NO 2 sama maka
perbandingan massa O = 16 : 32 = 1 : 2
d. Hukum Gas Ideal
Untuk gas ideal atau suatu gas yang dianggap ideal berlaku rumus :
PV = n RT
Keterangan:
P = tekanan (atmosfir)
V = volume (liter)
n = mol = gram/Mr
R = tetapan gas (lt.atm/mol.K)
T = suhu (Kelvin)
Untuk gas ideal atau suatu gas yang dianggap ideal berlaku rumus :
PV = n RT
Keterangan:
P = tekanan (atmosfir)
V = volume (liter)
n = mol = gram/Mr
R = tetapan gas (lt.atm/mol.K)
T = suhu (Kelvin)
Perhitungan Stoikiometri Pada Persamaan
Kimia Setara
Dalam stoikiometri, suatu persamaan kimia
yang setara memberikan informasi untuk membandingkan setiap elemen dalam reaksi
berdasarkan faktor stoikiometri. Faktor stoikiometri merupakan rasio dari mol
setiap senyawa/zat yang bereaksi.
Pengertian Massa Molar
Sebelum melakukan perhitungan
stoikiometri, kita perlu mengetahui apa itu massa molar. Massa molar merupakan
rasio antara massa dan mol dari suatu atom. Untuk
mengetahui Massa Molar suatu unsur maka kita hanya perlu membacanya di tabel
periodik unsur. Sedangkan untuk mengetahui Massa Molar senyawa kita perlu menghitungnya
berdasarkan rumus molekul senyawa tersebut.
Contoh soal:
Tentukan Massa Molar dari H2O?
Jawaban: 2(1.00794g/mol) + 1(15.9994g/mol) = 18.01528g/mol
Massa molar dari Hidrogen ialah 1.00794g/mol dikalikan 2 karena terdapat dua atom hidrogen dalam satu senyawa air. Kemudian ditambahkan massa molar dari Oksigen.
Massa Molar yang diperoleh dapat digunakan untuk menghitung mol suatu senyawa. Jika ada yang belum memahami mengenai mol silahkan buka wikipedia tentangpengertian mol.
Rumus perhitunga mol senyawa adalah:
mol = m/Mr
dengan;
mol-->mol Senyawa
m-->Massa Senyawa (gr)
Mr-->Massa Molar (Massa Reatif)
Jawaban: 2(1.00794g/mol) + 1(15.9994g/mol) = 18.01528g/mol
Massa molar dari Hidrogen ialah 1.00794g/mol dikalikan 2 karena terdapat dua atom hidrogen dalam satu senyawa air. Kemudian ditambahkan massa molar dari Oksigen.
Massa Molar yang diperoleh dapat digunakan untuk menghitung mol suatu senyawa. Jika ada yang belum memahami mengenai mol silahkan buka wikipedia tentangpengertian mol.
Rumus perhitunga mol senyawa adalah:
mol = m/Mr
dengan;
mol-->mol Senyawa
m-->Massa Senyawa (gr)
Mr-->Massa Molar (Massa Reatif)
Contoh Soal yang Melibatkan Perhitungan
Stoikiometri Kimia
Propana
terbakar dengan persamaan reaksi:
C3H8+O2→H2O+CO2
Jika 200 g propana yang terbakar, maka berapakah jumlah H2O yang terbentuk?
Jawab:
Pertama: Setarakan
persamaan reaksinya!
C3H8+5O2→4H2O+3CO2
Kedua: Hitung
mol C3H8!
mol=m/Mr -> mol= 200 g/ 44 g/mol ->mol= 4.54 mol
Ketiga: Hitung rasio H2O : C3H8 -> 4:1 (*berdasar perbandingan koefisien pada persamaan reaksinya)
Kempat: Hitung mol H2O dengan perbandingan
mol H2O : 4 = mol C3H8 : 1
-> mol H2O : 4 = 4.54 mol : 1
-> mol H2O = 4.54 x 4= 18.18 mol
Kelima : Konversi dari mol ke gram.
mol= m/Mr -> m= mol x Mr -> m= 18.18 mol x 18 = 327.27 gram.
mol=m/Mr -> mol= 200 g/ 44 g/mol ->mol= 4.54 mol
Ketiga: Hitung rasio H2O : C3H8 -> 4:1 (*berdasar perbandingan koefisien pada persamaan reaksinya)
Kempat: Hitung mol H2O dengan perbandingan
mol H2O : 4 = mol C3H8 : 1
-> mol H2O : 4 = 4.54 mol : 1
-> mol H2O = 4.54 x 4= 18.18 mol
Kelima : Konversi dari mol ke gram.
mol= m/Mr -> m= mol x Mr -> m= 18.18 mol x 18 = 327.27 gram.
Assalamualaikum saya ingin menganggap dari peta konsep anda sudah bagus, pada stoikiometri adakah gambar yang terkait dari pembelajaran ini jika ada bisa dikasih gambar tersebut terimakasih
BalasHapusada , terima kasih sarannya bisa dilihat di link https://www.google.co.id/search?q=gambar+stoikiometri&tbm=isch&imgil=FUwynHd7wLCRGM%253A%253BqvKP52Dn0PSUBM%253Bhttp%25253A%25252F%25252Fkimiaeducations.blogspot.com%25252F2014%25252F05%25252Frumus-kimiapersamaan-reaksi-dan.html&source=iu&pf=m&fir=FUwynHd7wLCRGM%253A%252CqvKP52Dn0PSUBM%252C_&usg=__0xUm7Cq9CEBZnZNzsL9qI-ExJuM%3D&biw=1366&bih=613&ved=0ahUKEwiCrZHXl4DUAhUZTo8KHWpSAPMQyjcIPw&ei=WhwhWYKYIJmcvQTqpIGYDw#imgrc=FUwynHd7wLCRGM:
Hapusbagaimanakah cara membuat peta konsep yang baik dan benar ?
BalasHapussaya ingin menjawab bahwa sanya cara membuat peta konsep yang baik diantara nya Gali dan cari sebuah daftar topik-topik penting. Sebelum Anda memilih subyek di bagian atas peta hierarki Anda, Anda harus menuliskan sebuah daftar subyek-subyek penting yang berhubungan dengan proyek atau tugas Anda. Jika Anda mengetahui bahwa proyek Anda harus mengenai pohon, misalnya, maka kata tersebut harus berada di bagian atas peta konsep Anda. Akan tetapi, jika Anda sekedar tahu bahwa Anda harus menulis atau berpikir tentang obyek-obyek yang terdapat di alam, atau bahan-bahan yang dibuat dari alam, maka tugas Anda agak sedikit lebih sulit
Hapusuntuk lebih jelasnya bisa dilihat di link http://id.wikihow.com/Membuat-Peta-Konsep
terima kasih
selamat siang saya ingin sedikit menambahkan yaitu:
BalasHapus2. Landasan Teknologis Media Pembelajaran
Media pembelajaran sebagai bagian dari teknologi pembelajaran memiliki enam manfaat potensial dalam memecahkan masalah pembelajaran, yaitu:
Meningkatkan produktivitas pendidikan (Can make education more productive).
Memberikan kemungkinan pembelajaran yang sifatnya lebih individual (Can make education more individual).
Memberikan dasar yang lebih ilmiah terhadap pembelajaran (Can give instruction a more scientific base).
Lebih memantapkan pembelajaran (Make instruction more powerful).
Dengan media membuat proses pembelajaran menjadi lebih langsung/seketika (Can make learning more immediate).
Memungkinkan penyajian pembelajaran lebih merata dan meluas (Can make access to education more equal).
2. Landasan Empirik Media Pembelajaran
Pebelajar yang memiliki gaya visual akan lebih mendapat keuntungan dari penggunaan media visual, seperti film, video, gambar atau diagram; sedangkan pebelajar yang memiliki gaya belajar auditif lebih mendapatkan keuntungan dari penggunaan media pembelajaran auditif, seperti rekaman, radio, atau ceramah guru.
terima kasih penambahannya dapat disimpulkan bahwa sanya Media pembelajaran sebagai bagian dari teknologi pembelajaran memiliki enam manfaat potensial dalam memecahkan masalah pembelajaran, yaitu:
HapusMeningkatkan produktivitas pendidikan (Can make education more productive).
Memberikan kemungkinan pembelajaran yang sifatnya lebih individual (Can make education more individual).serta pentingnya peta konsep sebelum pembelajaran berlangsung
Baiklah saudari robi saya ingin memberikan sedikit saran, seharus nya penjelasan nya jangan terlalu panjang, ambil point pentingnya saja, agar mudah di mengerti. Terimakasih
BalasHapusterima kasih sarannya lilis , lain kali saya akan membuat penjelasan berdasarkan point point nya saja.
Hapusapakah ada kriteria khusus dalam pembuatan mind map yang baik?
BalasHapusbaiklah saya mencoba jawab bahwasanya Sebelum mulai membuat Mind Map, temukan poin penting di setiap bab dan sub bab pada buku yang And abaca. Catat poin penting tersebut dalam skertas kecil. Anda boleh mencatatnya dengan linear. Misalkan, dalam buku yang And baca terdapat 5 bab. Masing-masing bab terdiri dari 3 sub bab. Maka Anda harus temukan poin penting dari 15 total sub bab.
Hapusuntuk lebih jelasnya bisa dilihat di link http://bacakilat.com/tips-mudah-membuat-mind-map/
terima kasih
saya frandi mardiansyah, menurut saya peta konsep yang anda buat cukup kreatif, tetapi tata letak point-point yang akan di pelajari itu kurang rapi. sebaiknya di tata lebih rapi lagi agar siswa lebih mudah memahami dan mengerti mengenai peta konsep yang kita sampaikan.
BalasHapusterima kasih sarannya lain kali agar dibuat lebih semenarik mungkin agar memuat pemahaman yang meaning fuu
HapusBagaimanakah cara menilai apakah peta konsep itu sudah baik atau benar?
BalasHapus